Siaga bencana, Babinsa Gedong Kiwo Bahu membahu bersama warga dan komunitas sungai winongo -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Siaga bencana, Babinsa Gedong Kiwo Bahu membahu bersama warga dan komunitas sungai winongo

acuk
Sunday, January 5, 2020

     
        Yogyakarta - Musim penghujan telah tiba, sebagian wilayah di wilayah indonesia telah terjadi bencana alam yang diakibatkan curah hujan yang berlebih. Guna mengantisipasi kejadian itu terjadi di wilayah Yogyakarta khususnya di daerah bantaran sungai Winongo yang melintasi kel.Gedong Kiwo, Kec.Mantrijeron. Babinsa Koramil 09/Mantrijeron, mengajak warga dan komunitas lainnya untuk siaga.

      Karena bila terjadi hujan lebat yg cukup lama bantaran kali winongo adalah salah satu daerah yang mempunyai kerawanan tinggi untuk mengalami bencana baik banjir maupun longsor.

      Dalam pelaksanaan siaga tersebut Serka Suyatno dan Sertu Sarijan selaku Babinsa Kel Gedongkiwo, secara bergantian dibantu dari Komonitas Kampung Tanggap Bencana  dan masyarakat setempat  mendatangi langsung rumah-rumah warga yang tinggal di bantaran Sungai Winongo untuk meningkatkan kewaspadaan karena hujan masih terus berlangsung dan kemungkinan yang mengakibatkan debit air terus meningkat.

     "Bapak bapak kita berdoa saja agar tidak terjadi  bencana dan untuk mengurangi resiko bencana kita selalu siap siaga bersama sama",ungkap Sertu Sarijan. Jumat, 03/01/2020.

    Disampaikan juga, dalam siaga tersebut babinsa memberikan himbauan dan larangan pada warga di sekitar bantaran Sungai Winongo Kel. Gedongkiwo  agar tidak membuang sampah di sungai. Karena sampah yang menumpuk dapat menyumbat aliran sungai yang akan menyebabkan terjadinya banjir serta menimbulkan penyakit.

     Selain itu warga juga diberikan arahan apabila ada tanda-tanda akan terjadi banjir agar segera melaporkan kepada RT dan Babinsa sehingga mempermudah petugas untuk melaksanakan langkah-langkah pengamanan, evakuasi dan tanggap darurat.

     Bapak Dahwan mantan Ketua Rw 07  sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil 09/Mantrijeron atas kepeduliannya dalam usaha mengantisipasi bencana banjir kepada warga.

(Red | ambyar | Kpt Kav Rusdin)